Cara Merawat Telinga Untuk Kesehatan

Cara Merawat Telinga Untuk Kesehatan

Cara Merawat Telinga Untuk Kesehatan. Telinga merupakan salah satu indera yang sangat penting untuk tubuh semua orang. Telinga merupakan salah satu panca indera yang berfunsgi untuk mendengarkan. Dalam menjaga kesehatan telinga merupakan salah satu hal terpenting agar pendengaran nantinya tetap sehat dan dapat berfungsi secara baik. Untuk itu perlu untuk mengetahui bagaimana caranya merawat telinga dengan cara yang benar dan juga tepat.

Dengan mengetahui cara untuk merawat telinga dengan benar dan juga tepat, pastinya kamu bisa mendengar secara optimal dan terhindar dari penyakit. Pasalnya fungsi adanya telinga tidak hanya mendengar saja, namun juga digunakan untuk keseimbangan tubuh. Setiap harinya telinga memiliki fungsi untuk membersihkan sendiri, yaitu dengan cara memproduksi serumen atau cairan yang memiliki warna kuning di dalamnya.

Cairan normal tersebut biasa akan dikeluarkan dan diproduksi pada saat kita tidur. Dengan adanya cairan yang keluar tentu sangat bermanfaat dan berfugsi untuk menangkap kotoran pada telinga. Selain menangkap kotoran cairan serumen juga menangkap binatang kecil dan juga debu. Cairan serumen memiliki fungsi membunuh kuman dan juga menjaga kelembapanpada telinga. Berikut ada cara untuk menjaga telinga kamu agar tetap bersih dan juga sehat.

Cara Merawat Telinga Untuk Kesehatan

Jangan membersihkan telinga dengan menggunakan cutton bud

Membersihkan atau mengorek kotoran dengan menggunakan cutton bud merupakan salah satu hal yang tidak tepat. Karena jika menggunakannya kamu nantinya malah akan mendorong kotoran kedalam, bukannya kotoran keluar malah akan masuk lebih dalam. Jika tidak berhati – hati, mengorek telinga akan membuat telinga rusak dan lecet. Jika ingin membersihkan telinga lebih disarankan dengan menggunakan alat pembersih khusus telinga, tentunya bukan cutton bud.

Mengunyah makanan dengan baik dan tepat

Kotoran yang ada di telinga bisa dikeluarkan dengan cara otomatis hanya dengan cara mengunyah makanan. Dengan melakukan gerakan mengunyah makanan dengan cara yang tepat nantinya akan mendorong telinga untuk mengeluarkan kotoran. Jika kamu ingin mencobanya bisa kamu lakukan dengan mengunyah permen.

Melakukan terapi lilin

Melakukan terapi lilin juga akan membantu kamu dalam mengeluarkan kotoran yang ada di telinga. Caranya dengan membeli lilin untuk terapi telinga, kemudian bakar dan gunakan sesuai dengan petunjuk yang sudah diberikan.

Jangan menggaruk telinga

Ketika kamu merasakan gatal pada bagian telinga, hindarilah menggaruk karena hal tersebut bisa menjadi infeksi. Jika kamu sudah mengalami infeksi maka lebih disarankan untuk pergi ke dokter dan segeralah periksa telinga kamu.

Hubungi dokter jika terjadi infeksi

Ketika telinga mengalami infeksi maka segeralah hubungi dokter terdekat. Ada dua jenis telinga pada umumnya yaitu telinga luar terjadi karena adanya air kotor di luar telinga. Telinga nantinya akan merasakan sakit, bengkak, atau bahkan lebih parahnya akan mengalami nanahan. Pengobatan ini biasanya adalah antibiotik, dan tentunya juga harus ada dari resep dokter. Sedangkan infeksi yang terjadi pada telinga tengah nantinya akan berakibat buruk pada bagian gendang telinga kamu.

Gendang telinga nantinya bisa pecah dan biasanya obat tetes dari resep dokter seperti antibiotic yang biasanya bisa menyembuhkannya. Selain adanya infeksi biasanya telinga juga akan sakit jika terkena masalah lainnya. Masalah tersebut bisa saja terjadi karena masalah tenggorokan atau leher. Jika hal tersebut muncul kamu lebih baik berkonsultasi ke dokter secepatnya, dan jangan melakukan dengan cara yang salah.

 

BACA JUGA: Cara Mudah Menjaga Kesehatan Kulit

 

1 Comment

  1. w sih saranin jgn melakukan terapi lilin, gak bagus itu yang ada malah takutnya bekas lilin-lilinnya masuk ke telinga gak bs keluar2 jadi terus jadi kerak

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*