Mengenal Fungsi Hati Dan Jantung

Mengenal Fungsi Hati Dan Jantung

Mengenal Fungsi Hati Dan Jantung. Salah satu bagisn tubuh yang sangat penting adalah hati dan jantung. Hati maupun jantung sama-sama organ tubuh penting jika tidak dijaga dengan baik maka akan menimbulkan berbagai penyakit yang mematikan. Jantung berada di rongga dada, dengan ukuran satu kepalan penuh tangan, memiliki berat kurang lebih 300 gram.

Jantung memiliki empat ruang antara lain atrium, dexter atrium, vertical sinister, dan ventrikel dexter. Jantung terdiri dari otot jantung, membrane jantung luar bagian dengan dilapisi selaput jantung. Sedangkan hati memiliki bagian seperti vena hepatica yang memiliki fungsi dalam mengangkut darah terdeoksigenasi dan darah yang sudah disaring, lobus kiri dan kanan, vena , lacuna yaitu ruangan yang memisahkan antara satu lobules dengan lobules lainnya, diafragma, arteri yang memiliki fungsi mendistribusikan darah ke hati, penkreas, dan kantung.

Mengenal Fungsi Hati Dan JantungDengan adanya hati dan jantung, maka ada banyak sekali manfaat yang bisa anda dapatkan, karena hati dan jantung memiliki fungsi sebagai berikut :

  • Jantung

Jantung akan bekerja hingga melakukan siklus jantung yang dikenal dengan denyut jantung. Dengan adanya mekanisme berulang ini maka jantung akan berkontruksi mengosongkan isi jantung dan bisa mengisi dengan darah. Jantung akan berdetak dan berirama, hal ini disebabkan oleh hasil dari tindakan potensi dari jantung sendiri. Otot jantung akan menghasilkan arus listrik dan menyebar ke jaringan disekitar jantung. Selain itu fungsi jantung juga sebagai ekskresi. Jantung memiliki fungsi penting dalam mengalirkan dan memompa darah untuk disalurkan ke seluruh anggota tubuh, kemudian jantung akan kembali penampung darah yang sudah dibersihkan oleh hati. Jantung menyiapkan oksigen darah agar dialirkan keseluruh anggota tubuh, juga membersihkan anggota tubuh dari karbondioksida yang dihasilkan proses metabolism.

  • Hati

Fungsi hati juga sangat penting sekali, karena hati mampu menetralisir semua racun, mampu mengeluarkan dari dalam tubuh melalui urine. Fungsi lainnya adalah merubah glukosa menjadi zat glikogen, mengeluarkan cairan empedu melalui urine, hati juga dijadikan sebagai tempat untuk bersintesi, tempat mendapatkan empedu yang berasal dari hemoglobin yang sudah tua. Selain itu hati juga akan membantu anda dalam membuang zat bilirudin yang mana zat ini merupakan zat yang tidak baik untuk tubuh.

Juga memiliki fungsi metabolism lemak, lemak akan keluar dan dibawa ke hati, dan akan dipecah menjadi asam lemak dan gliserol. Hati juga digunakan sebagai tempat penyimpanan berbagai zat yang ada didalam hati seperti glikogen, lemak, vitamin A, B12, D, dan K, juga zat besi. Hati juga sebagai tempat untuk mengaktifkan vitamin D.

Dengan mengetahui fungsi hati dan jantung diatas, maka wajib bagi kita untuk menjaga kesehatan jantung dan hati. Salah satu cara untuk mendapatkan hati dan jantung yang sehat adalah dengan mengubah pola hidup yang jelek menjadi pola hidup yang baik. Konsumsi makanan yang mengandung gizi sehat, mulailah untuk berolahraga, jaga kebersihan, dan jauhi alcohol dan obat terlarang.

Dengan menjaga kesehatan maka anda akan terhindar dari segala penyakit. Penting mengetahui segala penyakit hati dan jantung, sehingga anda bisa mempersiapkan diri untuk hidup lebih sehat lagi. Jantung yang sudah tidak berfungsi dengan normal maka akan menyebabkan penyakit jantung Koroner, jantung bocor. Lemah jantung, dan masih banyak lagi lainnya. Untuk hati yang sudah berfungsi maka bisa mengakibatkan penyakit hepatitits, batu ginjal, liver, dan lain sebagainya.

 

BACA JUGA: Tips Menjaga Kesehatan Mata Secara Alami

1 Comment

  1. infonya bermanfaat banget, thanks misanet.org, cocok banget untuk pembelajaran bagi kita calon-calon dokter, haha

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*